Manfaat Software ERP untuk Perusahaan dan UMKM

Manfaat Software ERP untuk Perusahaan dan UMKM



Di zaman serba digital seperti sekarang ini, keberadaan Departemen IT menjadi sangat penting. Mereka bukan hanya menangani penggunaan dan perawatan teknologi IT di perusahaan, tapi juga membantu penyediaan layanan untuk para pelanggan. itu belum termasuk ketika mereka harus menghadapi berbagai macam masalah terkait teknis ataupun non-teknis.

Beban yang terlalu berat untuk para karyawan di bagian Departemen IT tak jarang justru membuat kinerja mereka kurang optimal. Itulah mengapa disini perlu ERP Software untuk memaksimalkan kinerja departemen IT, karena aplikasi inovatif satu ini bisa menjadi solusi untuk Departemen IT perusahaan. Di bawah ini akan diulas lebih lengkap tentang apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh Departemen IT ketika perusahaan menggunakan ERP.

Nah berikut ini Manfaat ERP Software untuk Departemen IT di Perusahaan 

 

Keamanan Data Menjadi Lebih Terjamin

Karena data saat ini mayoritas sudah dijadikan dalam bentuk digital dan disimpan dalam sistem, keamanannya menjadi salah satu tugas Departemen IT. Mereka menjaga supaya para hacker tak mudah untuk membobol masuk dan mencuri data, meskipun hal itu sebenarnya tetap mungkin terjadi. Selain juga tentunya mereka bertanggungjawab pada backup data untuk antisipasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tugas Departemen IT untuk memastikan keamanan data akan jauh lebih terjamin jika Anda menggunakan ERP Software di perusahaan. Karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan firewall protection sehingga perlindungannya lebih kuat dan Departemen IT bisa mengatur pembatasan akses sehingga orang yang punya kepentingan buruk akan sulit untuk masuk dan mentracking siapa saja yang telah melakukan perubahan data tersebut.

 

Mempercepat Proses Penanganan Masalah

Ketika ada isu atau masalah, pastinya akan lebih bagus jika segera diselesaikan. Sangat disayangkan karena sering terjadi penanganan tidak dilakukan sesuai dengan tingkat prioritasnya. Bahkan yang lebih parah, ada masalah-masalah yang kemudian terlupakan. Hal itu pada akhirnya juga berdampak ke kinerja para pegawai di departemen IT yang ikut terhambat.

Kondisi akan jauh lebih baik kalau Anda menggunakan ERP di perusahaan karena salah satu kemampuannya yang mempercepat penanganan isu. Pihak manajemen bisa lebih mudah untuk memberikan penyelesaian masalah kepada para pegawai dengan menerapkan sistem ticketing.

Nantinya karyawan yang memiliki masalah terkait IT dapat menggunakan ticket yang sudah di distribusikan agar penanganan masalah dapat menjadi lebih efektif. Selain itu  peluang isu terlupakan akan lebih kecil dan masalah yang lebih prioritas akan ditangani terlebih dulu.

 

Biaya Pemeliharaan Aset Lebih Efisien

Semakin banyak perusahaan memanfaatkan IT, semakin banyak pula aset IT seperti komputer, laptop, dan perangkat lainnya yang ada di perusahaan. Sedangkan nilai aset IT relatif tinggi hingga tak jarang membuatnya rentan dicuri, entah oleh karyawan atau orang eksternal. Jika seperti itu terus terjadi, perusahaan akhirnya mengalami kerugian yang semakin besar.

Peluang itu bisa diperkecil ketika Anda menggunakan ERP software karena semua aset IT di perusahaan akan dimonitor, sehingga akan cepat terdeteksi ketika ada yang hilang. Selain itu kerusakan aset juga bisa sekaligus diminimalisir karena ERP bisa membantu membuat dan mengingatkan penjadwalan untuk perawatan aset. Dengan begitu biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk perawatan aset IT akan lebih efisien.

 

Meningkatkan Kualitas Kerjasama Tim

Menurut Courtland L. Bovee dan John V. Thill dalam bukunya Bussiness Communication Essentials menyatakan bahwa teknologi informasi berpengaruh langsung pada komunikasi antar karyawan. Itu sangat membantu untuk menghubungkan mereka dengan lebih mudah, seperti misalkan mengadakan rapat secara virtual, berbagi dokumen kerja dan kolaborasi antar karyawan akan semakin baik.

Kinerja departemen IT akan sangat dipengaruhi oleh seberapa kuat kolaborasi mereka. Karena mereka bergantung pada posisi satu sama lainnya, sehingga ketika ikatannya lebih kuat, kinerja bisa berjalan lebih cepat. Namun kenyataannya masih sering terjadi tidak tersampaikannya informasi yang berakibat pada kesalahan dalam pelaksanaan kerja.

Anda tentu saja tak ingin masalah seperti itu menghambat kualitas kinerja Departemen IT. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan ERP software karena dengannya seluruh informasi akan terpusat pada satu titik server, sehingga bukan hanya transfer informasi akan lebih lancar, tapi kolaborasi antar karyawan Departemen Anda juga bisa meningkat.

 

Layanan dan Dukungan Pelanggan Lebih Baik

Salah satu yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan adalah layanan prima dari perusahaan. Ketika pelanggan memiliki kebutuhan atau masalah tertentu, idealnya pegawai bisa cepat merespon. Akses digital yang disediakan juga akhirnya menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Khususnya untuk para pegawai akan lebih mudah menganalisa solusi yang tepat dengan data pelanggan yang lengkap.

Manfaat ini akan Anda rasakan jauh lebih baik ketika menggunakan ERP yang memudahkan akses data pelanggan. Para pegawai akan mendapatkan semua informasi yang diperlukan dan selanjutnya bisa langsung memberikan respon sesuai permasalahan pelanggan. Dengan pelayanan yang tanggap seperti itu, para customer pun akan menjadi semakin nyaman untuk berlangganan.

 

Itulah beberapa gambaran yang akan didapatkan perusahaan Anda khususnya Departemen IT ketika menggunakan ERP. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh perusahaan, karena kemudahan dan kecepatan itu juga otomatis dirasakan oleh departemen lainnya. jadi Anda tak perlu ragu lagi dengan prospek keuntungan yang bisa diberikan oleh ERP software. Menjadikannya salah satu investasi yang sangat menjanjikan untuk kemajuan bisnis Anda.

Get In Touch

PT.Sicoding Informatika Indonesia Tangerang Selatan

admin@sicoding.id / cs.sicoding@gmail.com

HP/WA: 0852 8067 9319

Social Media

Facebook

Twitter

Youtube Channel

Instagram